KM Bali 1, Dompu-Tidak puas dengan melakukan Pelatihan dasar Komputer, Dinas Perpustakaan bekerja sama dengan The Coca-cola Foundation kini menerapkan suatu program Perpustakaan masuk Desa.
Kepada Wartawan Koran Kampung Media Dompu disela-sela kegiatannya sekretaris Dinas Perpustakaan Dompu Rabu (22/2) lalu Rohyani mengungkapkan program ini merupakan program stimulan. “untuk stimulan pertama kita akan terapkan di 4 desa pada 4 kecamatan”, kata Rohyani.
Keempat desa tersebut dikatakan Rohyani adalah Desa Mangge Na’e Kecamatan Dompu, Desa Wawonduru di Kecamatan Woja, Desa Cempi Jaya di Kecamatan Hu’u, dan Desa Kadindi di Kecamatan Pekat.
Desa ini akan diberikan bantuan stimulan berupa tiga unit kompuer yang nantinya akan menjadi sarana Perpustakaan Digital yang bersumber dari internet, ”kebetulan saat ini disetiap desa sudah ada koneksi internet, kita tinggal memanfaatkannya saja”, Ujar Rohyani.
Tiga unit Komputer ini dikatakan Sekretaris Dinas Perpustakaan Dompu diharapkan akan menambah minat masyarakat dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dan membaca.
Disamping itu, Perpustakaan Desa diharapkan menjadi pusat kegiatan keilmuan bagi masyarakat.
Dari hubungan kemitraan ini Sekretaris Dinas Perpustakaan Rohyani mengatakan Pemerintah daerah mendapatkan beberapa keuntungan. Selain mengetahui tentang strategi baru dalam  membentuk Perpustakaan yang berorientasi pada masa depan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, masyarakat dompu juga dapat memperoleh manfaat dari program kemitraan seperti menjadikan Perpustakaan sebagai tempat pelatihan berbagai jenis keterampilan sehingga dapat membentuk masyarakat yang terampil dan mampu mensejah terakan dirinya dan orang disekitarnya. “dengan demikian angka kemiskinan yang saat ini tinggal 14 persen dapat lebih ditekan lagi”, tambahnya. [ADV]

Posting Komentar

 
Top