KM Bali 1, Pekat-Pekan lalu dapat dikatakan sebagai pecan perdana berjalannya Produksi Tebu menjadi Gula di Pabrik milik PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS). Produksi yang dimulai pada senin 1 agustus lalu itu mengawali berjalannya pabrik gula terbesar di NTB itu.
Pada tahap ini, pihak PT. SMS baru mengolah 500 ton tebu per harinya. Pihak PT. SMS belum melakukan produksi hingga pada tingkat kapasitas maksimal kemampuan mesinnya yang dapat mencapai hingga 15.000 ton tebu perhari.
Joko Factoring Manager pabrik tersebut mengatakan pengolahan ini masih dalam tahap uji coba awal dan dilakukan untuk mengetahui kualitas Gula yang dihasilkan dari Tebu yang ditanam di daerah Dompu. Namun demikian pihaknnya sudah memperhitungkan kualitas gula yang dapat dihasilkan dari tebu asal DOmpu sangat baik. “ini produksi tahap awal. Kami baru mulai dengan 500 ton per hari dulu”, katanya.
Disamping itu dirinya juga menjelaskan manfaat tambahan dari hasil pengolahan tebu oleh pabrik ini. Selain gula, pabrik ini diperkirakan akan menghasilkan ribuan ton pupuk organic setiap harinya dari ampas produksi gula ini. Disamping itu bahan yang dapat berfungsi sebagai makanan suplemen bagi ternak yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan hewan ternak seperti sapi, kerbau dan lainnya juga akan dihasilkan dari limbah cair proses pengkristalan gula yang biasa disebut molasses.
Pihak PT. SMS berharap hasil produksi dapat mencapai tahap maksimal dan dalam hal ini dukungan dari seluruh masyarakat Dompu sangat diperlukan dalam kelancaran proses produksi ini.[Oz]

Posting Komentar

 
Top