Foto Derik.com
Pekat, KM Bali 1-Masyarakat Dompu menurut pandangan masyarakat luar dikatakan memiliki watak yang keras, susah diatur, serta mau menang sendiri. Hal ini menyebakan masyarakat Dompu susah mengikuti arah kemajuan terutama dibidang pembangunan.
Kesan masyarsakat umum ini diungkapkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. TGH Zainul Majdi MA di hadapan para petinggi cabinet kerja Presiden Joko widodo, sejumlah pejabat kementerian serta kepala – kepala daerah di NTB yang hadir menyaksikan kemeriahan acara puncak Festifal Tambora yang digelar 16 april baru-baru ini di Doro Ncanga kecamatan Pekat.
Selain Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, hadir pula sejumlah pejabat kementerian Pariwisata, Ketua DPD Faruk Muhammad. Bupati Kabupaten Bima dan Wali Kota Bima.
Dihadapan tamu undangan serta ribuan masyarakat, dalam pidatonya Gubernur NTB membeberkan bukti – bukti nyata bahwa kesan tersebut tidak benar adanya. Menurutnya, sekarang Dompu dibawah pimpinan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin sudah terlihat jelas kemajuan pembangunannya. Bahkan menurutnya tingkat percepatan kemajuan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Dompu merupakan tertinggi di NTB. “Alhamdulillah kesan itu ternyata tidak benar. Karena fakta menunjukkan Dompu adalah daerah yang maju”, ungkap Gubernur.
Peningkatan yang signifikan ini tidak lepas dari kontribusi besar program pembangunan pemerintah daerah Dompu di sector pertanian Khususnya Pertanian Jagung dan Tebu. Dikatakan Gubernur NTB kualitas Jagung yang dihasilkan oleh masyarakat petani daerah Dompu merupakan jagung dengan kualitas terbaik secara nasional.
Gubernur juga memuji masyarakat dompu yang sudah menunaikan amanah Presiden Joko widodo secara bersama untuk menjaga Gunung Tambora sebagai Taman Nasional. Sebagai akibat positif dari hal itu, Masyarakat Dompu melalui Festifal Tambora yang sudah digelar pertama kali pada 2015 lalu, kini menjadi sangat dikenal secara Nasional maupun internasional.

Sebelum menyelesaiakn pidatonya Gubernur NTB berpesan agar masyarakat Dompu dapat memanfaatkan gunung tambora sebaik-baiknya tanpa merusak ekosistem alam yang ada. Disamping itu dirinya berharap Festifal tambora berikutnya dapat menghadirkan sesuatu yang baru dan bermanfaat.[Oz]

Posting Komentar

 
Top